Searching...
Selasa, 29 Januari 2013

Pengenalan WEB

1/29/2013 09:37:00 AM

Pemanfaatan web telah diaplikasikan ke berbagai aspek kehidupan. Web telah menjadi bagian dari layanan publik seperti kebutuhan mendapatkan berita, informasi, transaksi e-commerce, hiburan, pendidikan,
lowongan pekerjaan, bahkan layanan pemerintahan (e-government). Web telah melengkapi sebagian sumber informasi "tradisional" di berbagai sektor tersebut.
Website adalah kumpulan halaman-halaman dari web. Halaman muka yang pertama ditampilkan saat seseorang mengakses URL disebut homepage. File yang menampilkan sebuah homepage biasanya diberi nama INDEX.HTML atau INDEX.HTM. Berawal dari sebuah homepage-lah halaman-halaman web lain
diacu lewat mekanisme hyperlinks maupun bagian halaman web itu sendiri dengan anchor. Mekanisme ini memperkenalkan cara membaca dokumen yang saling terhubung, disamping membaca dokumen secara berurutan.
Secara garis besar, web bekerja berdasarkan pada tiga mekanisme berikut :
  • Protokol, aturan standar yang di gunakan untuk berkomunikasi padajaringan, Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah protokol untukmemanggil halaman web.
  • Alamat, web memiliki aturan penamaan alamat yang disebut URL(Uniform Resource Locator).
  • Halaman web yang dibangun dari HTML.
Untuk mengakses halaman web, dibutuhkan Browser. Browser merupakan software yang di install di mesin client yang berfungsi untuk menterjemahkan tag-tag HTML menjadi halaman web. Browser yang sering di gunakan biasanya Internet Explorer, Netscape Navigator, Opera, Mozilla Firefox. Dua browser terakhir dapat didownload secara dari internet.
Di sisi pembangun web, dibutuhkan Editor, aplikasi yang di gunakan untuk membuat document HTML. Ada banyak HTML editor yang biasa digunakan diantaranya: Notepad, Microsoft FrontPage, Macromedia Dreamweaver, Editplus, HTMLEditor. Saat ini aplikasi pembangun web dapat men-generate sebuah halaman web tanpa harus bersentuhan dengan script. Namun, membangun halaman web dari baris-baris kode membuat seorang pembangun web terbiasa dengan tag HTML.
Pada dasarnya sebuah halaman web bisa dikategorikan sebagai :
  1. Static Page (Halaman Statis). Halaman statis tidak berubah pada saat ditampilkan dari waktu ke waktu karena hanya berisi kode HTML saja.
  2. Dynamic Page (Halaman Dinamis). Halaman dikatakan dinamis karena memuat kode-kode selain HTML, misal Javascript atau karena dibangkitkan dari skrip yang ada di server, misalnya dengan PHP, ASP, Perl(CGI), JSP, Servlet atau Phyton.
  3. Kombinasi dari Static Page dan Dynamic Page

0 komentar:

Posting Komentar