Searching...
Senin, 28 Januari 2013

Dasar HTML part I

1/28/2013 09:40:00 AM

Sebuah halaman web dibangun dengan kode-kode HTML yang dikenal sebagai tag HTML. Tag yang digunakan untuk membangun sebuah halaman web, memiliki Opening Tag, dan Closing Tag.
Opening Tag adalah tag pembuka yang diapit oleh tanda "<>", misalnya tag "<html>". Sedangkan Closing Tag adalah tag penutupnya, yang diapit oleh tanda "</>". Misalnya tag "</html>". Tag <html> memberi tahu
browser bahwa yang di dalam kedua tag tersebut adalah dokumen HTML. Tag HTML tidak bersifat Case Sensitive, artinya, tag "<html>" dikenali sama dengan tag "<HTML>" oleh browser.

Dokumen HTML bisa dibagi mejadi tiga bagian utama: html, head, dan body.
<html>
        <head>
        </head>

        <body>
        </body>
</html>

Keterangan :
  • <html>
Setiap document HTML harus di awali dan di tutup dengan tag HTML <html>...</html>. Tag <html>  memberi tahu browser bahwa yang di dalam kedua tag tersebut adalah dokumen HTML.
  •  <head>
Bagian header dari dokumen HTML di apit oleh tag <head></head>. Di dalam bagian ini biasanya dimuat tag <tittle> yang menampilkan judul dari halaman web. Bagian header membawa informasi tambahan tentang suatu halaman web yang tidak ditampilkan langsung di halaman web.
  •  <body>
Tag <body> di gunakan untuk menampilkan teks, image, link dan semua yang akan di tampilkan pada sebuah halaman web.

Contoh :
Tulis kode dibawah ini menggunakan suatu text editor, misalnya Notepad, Wordpad (Windows) atau Kate, Gedit, Pico (Unix/Linux).
<html>
<head>
<title>Selamat Datang, Teman</title>
</head>
<body bgcolor="yellow">
<p>Document HTML ku yang Pertama</p>
</body>
</html>
Simpan
le dengan nama "index.html".

0 komentar:

Posting Komentar