Searching...
Kamis, 18 Desember 2014

Penerapan Tanggal di Java Dalam Berbagai Kasus

12/18/2014 12:51:00 PM
Pada dasarnya “tanggal” merupakan sebuah komponen yang sangat penting dalam pengembangan software. Contohnya: Sistem Rental Movie, Sistem POS (Point of Sales), Sistem Perpustakaan, Sistem Reservasi Hotel, Sistem Tiket Pesawat, dan lain-lain. Semua sistem yang disebutkan tadi sangat membutuhkan penerapan tanggal. Sistem Rental Movie membutuhkanrecord untuk tanggal sewa dan tanggal pengembalian, Sistem POS digunakan untuk mencatat tanggal penjualan dan pembelian barang, sedangkan penggunaan tanggal pada Sistem Reservasi Hotel diterapkan untuk tanggal check-in dan check-out. Dan masih banyak lagi sistem yang membutuhkan penggunaan tanggal.
Java telah menyediakan class-class yang dapat dimanfaatkan oleh developer dalam membuat aplikasi. Salah satunya adalah class Date, yaitu sebuah class yang dapat digunakan untuk mendapatkan tanggal. Akan tetapi dalam penerapannya nanti akan membutuhkan class lain sebagai penunjang dalam penerapan tanggal di Java.
Dalam beberapa kasus tentu membutuhkan untuk mendapatkan tanggal hari ini, tanggal esok hari, tanggal kemarin hari, tanggal beberapa hari kedepan, tanggal beberapa minggu kedepan, tanggal beberapa bulan kedepan, dan lain sebagainya. Dan beberapa kasus penerapan tanggal akan dikupas pada artikel ini.

Penerapan Date di Java

Untuk menerapkan Date di Java sangat sederhana, yaitu tinggal membuat objek dari class Date.
Outpunya:
Wed Jan 11 11:32:36 ICT 2014
Outputnya kok banyak gitu? ya itu format standar dari class Date yang menampilkan hari, bulan, tanggal, jam, menit, detik, format waktu dan tahun. ICT disitu berarti IndoChina Time.

Mengubah Format Tanggal di Java

Sebelumnya telah dapat menampilkan tanggal hari ini, akan tetapi format yang ditampilkan terlalu banyak. Bagaimana kalau hanya ingin mendapatkan tanggalnya saja. Format tanggal itu beragam:MM-dd-yyyy (01-08-2014) atau MM/dd/yyyy (01/08/2014) atau format tanggal Indonesia yaitu dd-MM-yyyy (08-01-2014) dan dd MMMM yyyy (08 January 2014). Maka kita harus mengatur format tanggal yang akan ditampilkan. Untuk mengatur format tanggal di Java dibutuhkan class lain yaitu SimpleDateFormat.
Outputnya:
11-01-2014

Kalau ingin menampilkan format tanggal seperti ini 08 January 2014 bagaimana? maka anda hanya tinggal mengganti formatnya menjadi dd MMMM yyyy.
Outputnya:
11 January 2014
Jika hanya ingin menampilkan 3 huruf pertama dari nama-nama bulan, seperti: Jan, Feb, Mar, Apr, May, Jun, Jul, Aug, Sep, Oct, Nov, Dec, maka penulisan format bulannya menggunakan 3 huruf M, yaitu dd MMM yyyy
Outputnya:
11 Jan 2014

Menampilkan Tanggal Pada Beberapa Hari Kemudian dan Sebelumnya

Pada kasus tertentu, membutuhkan untuk mendapatkan tanggal pada hari-hari setelah dan sebelumnya. Contohnya pada sistem rental movie, ketika melakukan record peminjaman pada hari ini, tentu akan secara otomatis tercatat tanggal pengembaliannya pada tanggal berapa. Misalkan ditentukan pada 3 hari setelah peminjaman, maka tanggal hari ini ditambahkan dengan 3 hari kemudian untuk pengembaliannya. Hal tersebut berkaitan dengan denda yang harus dibayar jika pengembaliannya melewati tanggal yang telah ditentukan.
Untuk menampilkan tanggal pada hari sebelum dan setelahnya, membutuhkan class lagi yaitu class Calendar. Begini cara penerapannya:
Outputnya:
Sekarang tanggal: 11-01-2014
Tiga hari lagi tanggal: 14-01-2014

Jika mendapatkan hari-hari sebelumnya bagaimana? tinggal mengubah angka pada pemanggilan method add(). Misalkan 3 hari sebelumnya, lihat code berikut:
Outputnya:
Sekarang tanggal: 11-01-2014
Tiga hari sebelumnya: 08-01-2014

Jika ingin menampilkan tanggal pada minggu depan tinggal memberi nilai 7 pada pemanggilan method add(). Begitupula untuk seminggu yang lalu, maka tinggal diberi nilai -7.

Menampilkan Tanggal Pada Beberapa Bulan Sebelum dan Setelahnya

Kalau sebelumnya menampilkan tanggal pada hari-hari sebelum dan setelahnya, sekarang kita coba untuk menampilkan tanggal pada bulan-bulan sebelum dan setelahnya.
Outputnya:
Sekarang tanggal: 11-01-2014
Tiga bulan lagi tanggal: 11-04-2014
Jika pada 3 bulan yang lalu, hanya tinggal mengubah nilai dari method add() menjadi -3.
Outputnya:
Sekarang tanggal: 11-01-2014
Tiga bulan lagi tanggal: 11-10-2013

Menampilkan Tanggal Pada Beberapa Tahun Sebelum dan Setelahnya

Konsepnya sama dengan hari dan bulan yang telah dibahas diatas, yang berubah hanya pada pendeklarasian method add(). Jika pada tahun, maka code pemanggilan method add() nya adalah seperti ini:
Jika pada 3 tahun sebelumnya, maka nilai pada method add() diganti dengan nilai -3.

Semoga sedikit ilmu tentang penerapan tanggal bulan dan tahun pada Java ini dapat bermanfaat untuk Anda. Happy Coding… :)

0 komentar:

Posting Komentar